Minggu, 03 Januari 2010

The Avatar, Kedekatan Humanoid Terhadap Alam Semesta




Sinopsis dan Pemeran
Silahkan mengunjungi link ini untuk mendapatkan informasi sinopsis dan pemeran.

Apresiasi
Keseimbangan alam yang ditunjukkan oleh adat budaya Suku Na'vi adalah gambaran kritik dari sineas The Avatar terhadap penjarahan isi bumi yang tak kenal henti.

Majalah National Geographic Edisi Spesial Detak Bumi, Desember 2009, mencatat bahwa, untuk menghidupi 6.8 miliar penduduk Bumi setiap tahun, manusia mengkonsumsi sumber daya Bumi 1.4 kali lebih banyak dibanding yang mampu diperbaharui oleh planet ini.

Gambaran ini tentunya sangat berbeda dengan keseimbangan kehidupan di Pandora yang oleh Sutradara sekaligus Produser James Cameron, sebagai suatu hubungan mesra antara mahluk humanoid Suku Na'vi dengan mother nature.


Film ini mengingatkan kepada kita tentang bagaimana seharusnya kita berinteraksi terhadap Bumi. Sudah seharusnyalah kita bisa lebih peduli terhadap kelestarian sumber daya alam yang ternyata, baru saat ini kita sadari, semuanya adalah terbatas. Supply & demand yang tidak seimbang lagi yang berpotensi menjadi earth failure tidaklah terhindarkan lagi.

In the real world, interaksi manusia terhadap Bumi sangat berpengaruh terhadap kelangsungan - kelanggengan kehidupan di Bumi. Sudah seharusnya-lah manusia yang memiliki akal budi sadar akan fungsinya sebagai katalisator keseimbangan alam, dapat melaksanakan amanat ini dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar